Pengembangan Pasar Djadoel Sebagai Atraksi Wisata di Taman Wisata Tawun Kabupaten Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.46837/inspire.v3i1.66Keywords:
Pasar Djadoel, Pengembangan Pariwisata, Atraksi WisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi pengembangan Pasar Djadoel di Taman Wisata Tawun dengan mempertimbangkan kebutuhan pengunjung dan faktor-faktor penunjang pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data-data diperoleh dengan cara observasi langsung di Pasar Djadoel Taman Wisata Tawun, studi pustaka dan wawancara. Data tersebut kemudian dikelompokkan, diklasifikasikan, dan disusun secara sistematis serta kronologis untuk menjawab perumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi produk, pengadaan event, gencar promosi, pengelolaan fasilitas, dan peningkatan infrastruktur pendukung merupakan langkah kunci dalam mengembangkan Pasar Djadoel sebagai destinasi wisata unggulan. Dengan implementasi strategi yang tepat, diharapkan Pasar Djadoel dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Ngawi. Upaya ini tidak hanya akan meningkatkan daya tarik Pasar Djadoel, tetapi juga akan memperkaya pengalaman pengunjung dan memperkuat posisi Kabupaten Ngawi sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi literature tambahan yang bisa diacu atau disitasi dalam penelitian selanjutnya, dapat menambah pengetahuan di bidang pariwisata dan membantu peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang pengelolaan wisata warisan budaya berbasis pasar tradisional di tengah kehidupan modern dan upaya pelestarian kearifan lokal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Upik Dyah Eka Noviyanti, As Shiva Enggar Lovita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.